Instopeksi Diri

           Instropeksi diri merupakan suatu cara yang digunakan untuk merefleksikan dan mengamati diri kita sendiri. Instropeksi diri sangat bermanfaat bagi kita karena dengan kita menginstrospeksi diri, kita dapat mengetahui kesalahan yang sudah kita lakukan. Selain itu, dengan mengintrospeksi diri kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita sendiri.
           Menurut Samuel, mahasiswa UCEO Ciputra, introspeksi diri merupakan sebuah proses dimana seseorang melakukan pengamatan terhadap dirinya sendiri. Introspeksi diri merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam kondisi psikis seseorang. Introspeksi diri dapat membantu seseorang untuk bercermin tentang diri dan kehidupanya selama ini. Introspeksi diri juga dilakukan agar tidak membuat kita jatuh kedalam lubang kegagalan dan kita juga akan lebih mudah menentukan tujuan hidup kedepannya.
        Menurut Rifqi Baihaqi, seorang blogger kita perlu mengintrospeksi diri sebab kunci proses pengembangan diri adalah mengenal diri sendiri. Dengan mengintirospeksi diri kita akan mampu menentukan jalan hidup. Dengan mengintrospeksi diri, kita akan lebih mudah mencari solusi yang tepat jika sudah mengenal diri sendiri. Jika kita sering menginstrospeksi diri, ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah, dengan keberhasilan kita mengenali diri sendiri akan membentuk kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi. Saat mencoba mengintrospeksi diri, tentu kita mendapati beberapa potensi yang kita punya. Dengan mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri kita, maka kita bisa mengoptimalkanya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.
         Seharusnya kita sebagai manusia yang selalu melakukan kesalahan dan tidak bisa hidup sendiri. Kita harus selalu mengintrospeksi diri kita sendiri. Agar kita dapat mengerti dan mengenali diri kita sendiri, dengan melakukan introspeksi diri kita juga dapat memecahkan maslah dengan lebih mudah. Mengintrospeksi diri dapat kita lakukan sebelum  tidur dengan cara memikirkan perbuatan apa yang telah kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari.




Penulis : Gabriela Winata
Penyunting :Fiandra Frederico.f, Giovani Yulia

Komentar

Postingan Populer